kenalan dengan PAUD

Pengantar

Ditinjau dari sejarahnya, Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di
Indonesia mulai diperhatikan oleh pemerintah secara sungguh-sungguh dan
mencakup rentang usia 0-6 tahun sejak tahun 2002. Dengan demikian
pengembangan PAUD yang mencakup rentang usia 0-6 tahun secara nasional
baru berjalan selama 7 tahun. Namun karena pemahaman dan kemauan
masyarakat selama ini sudah sangat bagus, sehingga hanya dalam kurun
waktu 7 tahun Angka Partisipasi Kasar APK-PAUD sudah mencapai 15,3 juta
(53,6%). Saat ini PAUD sudah menjadi “Gerakan Masyarakat Secara Nasional
(National Public Movement) masyarakat sehari-hari sudah terbiasa
membicarakan pentingnya PAUD bagi masa depan putra-putrinya.

Tantangan Pendidikan Anak Usia Dini di Indonesia

Sampai saat ini masi ada beberapa masalah yang dapat menghambat
perluasan kesempatan dan pemerataan akses mengikuti PAUD serta
peningkatan mutu PAUD di Indonesia, namun semua itu kita anggap sebagai
tantangan yang menarik sehingga untuk mengatasinya diperlukan
kreatifivitas dan inovasi yang berkelanjutan.

Tantangan yang prioritas untuk diatasi antara lain :

  1. Jumlah anak yang belum mengikuti PAUD masih cukup besar.
  2. Sarana dan prasarana belajar secara kuantitatif maupun kualitatif
    masih terbatas, hal ini disebabkan oleh terbatasnya kreativitas guru
    PAUD untuk menciptakan dan mengembangkan metode pembelajaran dan sumber
    belajar dengan memanfaatkan potensi budaya dan alam sekitar.
  3. Kompetensi sebagian besar guru PAUD masih belum memadai karena
    sebagian besar dari mereka tidak berasal dari latar belakang pendidikan
    PAUD dan mereka belum memperoleh pelatihan yang berkaitan dengan komsep
    dan ilmu praktis tentang PAUD.
  4. Perbedaan Angka Partisipasi Kasar (APK) peserta PAUD di daerah
    perkotaan dan perdesaan masih sangat besar.

Jenis PAUD di Indonesia

Dibanding dengang perkembangan model dan jenis PAUD di berbagai
negara maju dan berkembang lainnya, PAUD di Indonesia memiliki keunikan
khusus yang agak berbeda dengan di luar negeri. Karena di luar neger
PAUD pada umumnya hanya dibedakan menjadi 2 (dua) macam yaitu
Kindergarden atau Play Group dan Day Care, sedang di Indonesia menjadi 4
(empat) macam yaitu :

  1. Taman Kanak-Kanak (Kindergarten)
  2. Kelompok Bermain (Play Group)
  3. Taman Penitipan Anak (Day Care)
  4. PAUD sejenis (Similar with Play Group)

Sistem Penyelenggaraan PAUD

Penyelenggaraan PAUD di negara lain semata-mata hanya menstimulasi
kecerdasan anak secara komprehensif dan pengasuhan terhadap anak, karena
aspek kecerdasan yang dikembangkan hanya meliputi kecerdasan
intelektual, emosional, estetika, dan social serta pengasuhan. Sedang di
Indonesia potensi kecerdasan tersebut diberikan juga pendidikan untuk
mengembangkan potensi kecerdasan spiritual yang dilaksanakan melalui
pendekatan olah pikir, olah rasa, dan olah raga. Di samping itu, juga
diberikan pengetahuan dan pembinaan terhadap kondisi kesehatan dan gizi
peserta didik. Oleh karena itu, penyelenggaraan PAUD di Indone

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s